Menulis Bebas

Menulis Bebas (Free Writing) adalah menulis dengan bebas apa saja yang ada di kepala anda dalam jangka waktu tertentu, biasanya sih 10 menit. Oh ya, menulis bebas ini merupakan salah satu cara untuk mengatasi Writer's Block atau mengatasi kebuntuan saat menulis. Pernah bukan anda biasanya ingin menulis sesuatu entah itu tugas seperti membuat essay , skripsi, atau bahkan hanya ingin membuat tulisan tanpa tujuan untuk mengeluarkan uneg-uneg anda AKAN tetapi anda malah buntu, seakan-akan jari ini tidak bersahabat dan seperti ada penghalang besar yang menutupi otak anda untuk bisa memberikan perintah kepada jari-jari anda untuk menuliskan apa yang ada dalam kepala anda.

Artikel ini ditulis dalam keadaan penulis (saya) dalam keadaan melakukan free-writing juga. Free-writing biasanya dilakukan dalam jangka waktu 10 menit. Dalam jangka waktu 10 menit itu tulis apa saja yang ada dalam kepala anda. Tuangkan semuanya kalau bisa lakukan tanpa jeda. Misalkan saat ini saya sedang melalakukan ritual free-writing, saya saat ini men-setting timer countdown 10 menit kemudian mulai saja menulis bebas di sini. Untuk tema Free-Writing bebas apa saja.

Sebagai contoh bagaimana melakukan free-writing, misal kita ingin menulis dengan tema KOTA BOGOR. Nah langsung saja di atas di tengah-tengah Berikan Judul di atas kertas/dokumen kita dengan judul KOTA BOGOR. Kemudian mulai menulis saja apa yang terlintas di Kepala anda tentang KOTA BOGOR.

Tidak perlu takut dan malu saat melakukan free-writing, anda tidak perlu memikirkan bagaimana hasilnya, wong namanya juga ritual "penyembuhan" bagi writer disease's yakni writer's block. Yang terpenting adalah dalam jangka waktu itu anda terus menulis terus mengetik dan merasa enjoy dan mengalir.

Setelah selesai menulis, ketika waku timer-countdown sudah berbunyi. Nah anda bisa relax sejenak dengan mengendurkan jari-jemari anda dan kemudian melakukan review terhadap apa yang baru saja anda tulis. Dalam proses review ini anda biasanya akan menmukan banyak inspirasi. Misalkan ada kalimat-kalimat atau kata-kata atau frasa-frasa yang pas untuk dijadikan bahan dalam "menulis yang sesungguhnya", maka anda dapat menandai bagian tersebut atau mencatatnya untuk kemudian bisa digunakan sebagai bahan.

Oh ya selain itu ada yang lupa, jangan perhatikan typo  dan grammar saat free-writing. Yang terpenting adalah anda relax dan anda enjoy. By the way, alarm sudah countdown timer sudah bunyi sejak sekitar 2 menit yang lalu. Saya akhiri saja tulisan lepas ini hehehe. Semoga bermanfaat maafkan juga apabila banyak typo dan kalimat serta frasa yang sumbang :v
Regards!

Comments

Popular posts from this blog

Menikahlah! maka Allah PASTI akan menolongmu! (Kisah Founder iCampus Indonesia dan iShop Campus)

SPEI (Sejarah Pemikiran Ekonomi Islam) Masa Umar ibn Khathabh Al Faruq

Lagu-Lagu Tugas Ospek + Lirik (Buruh Tani, Darah Juang, Hymne Universitas Brawijaya)